Welcome to my live

Join The Community

Premium WordPress Themes

Rabu, 28 Desember 2011

Cara Menghemat Listrik (tetap jujur)



Bagi para pembaca saya akan berbagi tips menghemat listrik dengan jujur, mengapa saya bilang dengan jujur?, karena banyak orang yang mencuri listrik dengan cara membagi aliran listrik pada kabel atau dengan sebuah alat agar pemakaian listrik tidak terbaca oleh kwh meter. Tetapi di harapkan pembaca jujur menghemat listrik. berikut tips yang saya berikan.

1. Mematikan lampu bila matahari sudah terbit
    Mematikan lampu bila matahari sudah terbit juga dapat menghemat energy listrik, terkadang kita lupa untuk mematikan lampu bila hari sudah terang.jangan sampai kita menyia-nyiakan energy listrik bila tak ada gunanya.
2. Mematikan lampu dan alat elektronik lainnya saat mau tidur
      Terkadang kita lupa untuk mematikan lampu atau elektronik seperti televisi, radio, laptop,dll. Tips agar kita tidak lupa mematikan elektronik adalah menggunakan timer. alat elektronik seperti televisi sudah menggunakan timer, kita dapat mensetting timer sesuai yang kita ingin.
3. Menyalakan 2 lampu jika rumah di tinggal pergi
     Pada saat akan berpergian yang membutuhkan waktu lama kita sering kali bingung apakah menyalakan lampu agar bila malam hari rumah tetap terang atau tidak. nah saya akan memberikan solusinya, lebih baik kita menyalakan lampu tetapi hanya dua saja yaitu pada ruang tengah dan teras depan. itupun dapat menjaga keamanan rumah kita. agar maling menyangka ada orang dirumah.
4. Mematikan alat elektronik bila tidak digunakan
     Bila kita sedang menonton televisi kadang kita sering kali meninggalkannya begitu saja dalam keadaan menyala, nah lebih baik kita mematikan televisi agar tidak boros energy.
5. Menggunakan elektronik yang menggunakan baterai
     Gunakanlah elektronik yang menggunakan baterai seperti laptop dan radio yang dapat menggunakan baterai agar kita dapat menghemat listrik rumah kita. karena hanya butuh charge kurang lebih 2 jam yang dapat dipakai hingga 8 jam ataupada radio membeli baterai Rp. 15000 untuk berhari-hari.
6. Menggunakan satu lampu besar untuk menerangi beberapa ruangan
    Terkadang kita menggunakan lebih dari satu lampu untuk sebuah ruangan tanpa pembatas (skat). maka saya sarankan gunakanlah 1 lampu berukuran besar untuk menerangi beberapa ruangan tanpa pembatas. agar dapat menghemat energy dan pembatasan kalor.
7. Menggunakan Lampu yang cukup penerangannya
     Gunakanlah lampu yang cukup penerangannya artinya tidak berlebih sekira 5watt sudah cukup terang gunakanlah lampu 5watt agar kalor panas tidak berlebihan dan menghemat daya pemakaian listrik.
8. Menggunakan elektronik (kipas/AC) satu untuk beberapa ruangan
     Pasanglah AC/Kipas pada sudut yang tepat artinya sudut itu dapat mendinginkan 2 ruangan atau lebih. jadi hanya perlu menggunakan 1 AC/Kipas untuk 2 ruangan atau lebih.
9. Beli lah elektronik yang hemat energy
     Belilah elektronik yang hemat energy yang berarti meiliki fungsi yang sama akan tetapi energy yang digunakan hanya sedikit. sekarang banyak elektronik yang hemat energy.
10.  Mengcharge handphone tidak berlebihan
     Terkadang kita mengcharge handphone dari malam hingga pagi, itu sangat boros energy. seharusnya kita memantau handphone kita bila sudah penuh kapasitas baterai maka cabutlah kabel charge itu. selain menghemat listri itu juga dapat membuat baterai handphone tetap awet dan tidak terbakar karena kapasitas yang berlebihan.

Sekian Tips menghemat listrik tetapi tetap jujur dari saya. ingat jujur itu hebat. janganlah lakukan hal mencuri selain dosa mencuri juga bisa dapat sangsi yang berat. bila ada tips lain tolong beritahu saya melalui komentar. sekian dan terimakasih :)

0 komentar:

Posting Komentar