Welcome to my live

Join The Community

Premium WordPress Themes

Selasa, 20 Desember 2011

Bahan-bahan dalam membuat robot line follower


















Mekanik
 
- Gearbox : Tamiya double atau gearbox logam
- Roda    : Tamiya truck set (ada 2 ukuran) atau roda robot khusus atau roda (bebas)
- Roda    : Ballcaster atau roda box atau roda bebas lainnya
- Chassis    : Badan utama robot bisa pake PCB bolong atau triplek atau fiber glass atau plastik dll
- Baut 3 mm/0,5 cm dan 1 cm + mur yg sesuai
- Spacer elektronik 1 cm + 2 cm

Elektronik

 
- PCB
- IC LM 339 + socket
- IC L293D + socket
- Mikrokontroler ATMEGA 16 +socket
- IR photodioda
- photodioda biasa
- IR LED
- LED Putih-hijau/putih-merah/putih-biru biasa (warna terserah kalian)
- trimpot 100Kohm atau 50Kohm
- header 2 pin putih (beli banyak set aja)
- kristal 11.059 MHz
- pushbutton 2 kaki
- IC 7805
- Kapasitor MKM 300nF + 100nF (yg banyak)
- kabel pelangi atau sejenis/ kabel 2 - 6 jalur beberapa meter
- PCB bolong / PCB matrix atau titik
- Resistor 5 Watt (putih) (wirewound) 24 Ohm + 12 Ohm (jumlah genap) 4 - 10

Supply Daya

 
- Baterai Ni MH (sanyo/energizer) rechargeable 8 buah/set (beli 2 set)
- dudukan baterai 4, 2 buah
 
Peralatan

 
- Cadik/ dekko/ vanson, dsb. electronic tool set (recomended) S-10

5 komentar:

keren bentuknya. tapi boleh nda minta gambar rangkaiannya + komponen-komponennya yang lebih detail.

lha cara buatnya gimana ?

gan skema'a ada ngk?
ane mnt boleh ngk?
ane deadline tugas lab untuk UAS dkampus,,,
ane udah buat tp ngk jalan,,,
tolong kasih saya skema'a...karena 2 hari lg harus presentasi UAS...
thanks gan,,,

gan skema'a ada ngk?
ane mnt boleh ngk?
ane deadline tugas lab untuk UAS dkampus,,,
ane udah buat tp ngk jalan,,,
tolong kasih saya skema'a...karena 2 hari lg harus presentasi UAS...
thanks gan,,,

jenenge iki gak nggae dewe mesinnya.wong ini bahan2 nya beli semua
maaf kalau komentnya nggak enak

Posting Komentar