Welcome to my live

Join The Community

Premium WordPress Themes

Minggu, 13 Maret 2011

Tergesernya Pulau Honshu


Akibat Gempa, Pulau Honshu Geser 2,4 Meter
 Jakarta, CyberNews. Pulau Honshu adalah salah satu pulau terbesar di Jepang, didalam pulau tersebut terdapat kota Tokyo, Nagoya, Kyoto dan Osaka. Pulau Honshu kini bergeser 8 kaki atau 2,4 meter dari pusat titik tersebut. Hal ini terlihat pada pencitraan bergesernya garis pantai Gempa 8,9 yang berpusat di 373 km timur laut Tokyo, Minggu (13/3).

 Ahli Geofisika US Geological Survey Kennth Hudnut mengatakan, Pada titik ini, kita tahu bahwa salah satu stasiun GPS berpindah (8 kaki), dan kita telah melihat peta dari GSI (Geospatial Information  Authority) di Jepang menunjukkan pergeseran atas area luas yang konsisten dengan daratan sekitarnya.

 Delapan kaki itu masuk akal, gempa tektonik tersebut dihasilkan dari dorongan lempeng Pasifik dan Amerika Utara. Lempeng Pasifik mendorong bagian bawah irisan lempeng Amerika Utara dengan kecepatan sekitar 3,3 inci (83 mm) per tahun. Akibat gempa yang datang secara terus menerus, bencana besar itu terjadi.

 Gempa yang berkekuatan 8,9 SR, menyebabkan tsunami yang dahsyat di Jepang, pada Jumat lalu. Kota-kota di pantai timur laut Jepang hancur. Bencana ini merupakan "bencana nasional yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Perdana Menteri Jepang Naoto.

0 komentar:

Posting Komentar